Kamis, 24 Januari 2013

Kanker Prostat

Kanker prostat adalah kanker paling sering didiagnosa pada pria Amerika dan penyebab utama kedua kematian akibat kanker. Di beberapa negara Barat, itu telah menjadi penyebab utama kematian akibat kanker. Sebagai penduduk usia kita, dampak dari kanker prostat pada pria Amerika akan meningkat, tidak ada kanker lain meningkat dalam insiden dan angka kematian dengan bertambahnya usia secepat seperti halnya kanker prostat.

Telah diperkirakan bahwa lebih dari 1 juta pria Amerika sekarang hidup dan di atas usia 50 akhirnya akan meninggal karena kanker prostat kecuali pengobatan baru dikembangkan untuk mengendalikan penyakit ini. Sayangnya, kanker prostat memiliki dampak yang tidak proporsional pada segmen tertentu dari populasi kita. Sebagai contoh, pria Amerika Afrika lebih cenderung untuk mengembangkan kanker prostat dan dua kali lebih mungkin untuk meninggal dari itu daripada orang Amerika lainnya.

Selama dekade terakhir, kejadian kanker prostat telah meningkat tajam sebagai pengujian PSA telah menjadi banyak tersedia. Dengan kesadaran yang meluas tentang kanker prostat dan kemauan yang lebih besar untuk mendiskusikan penyakit ini umum, lebih dari 50 persen pria di atas usia 50 melaporkan bahwa mereka telah diuji untuk kanker prostat dalam dua tahun terakhir.

Sebagian besar kejadian meningkat, oleh karena itu, telah berhubungan dengan identifikasi melalui pemeriksaan luas dari sejumlah besar lazim, namun sebelumnya tidak terdeteksi, kasus dalam populasi. Penurunan bertahap pada angka kematian terlihat dalam lima tahun terakhir mungkin berhubungan, sebagian, dengan sensitivitas yang luar biasa PSA dalam mendeteksi kanker prostat sebelumnya, ketika dapat dikontrol dengan pembedahan atau terapi penyinaran.

Kanker prostat adalah umum dan terutama mempengaruhi laki-laki lebih tua dari 65. Sekitar 90 persen pria didiagnosis dengan kanker prostat akan memiliki penyakit klinis lokal (kanker terbatas pada kelenjar prostat). Pendekatan pengobatan bervariasi menurut wilayah geografis dan oleh dokter khusus. Alasan untuk variasi ini tidak jelas dan tidak sangat terkait dengan tumor grade (Gleason skor) atau kadar PSA.

Kanker dimulai di sel, blok bangunan yang membentuk jaringan. Jaringan membentuk organ-organ tubuh.

Biasanya, sel-sel tumbuh dan membelah membentuk sel-sel baru ketika tubuh membutuhkan mereka. Ketika sel menjadi tua, mereka mati, dan sel-sel baru mengambil tempat mereka.

Kadang-kadang, proses yang teratur ini berjalan salah. Sel-sel baru terbentuk ketika tubuh tidak membutuhkannya, dan sel-sel lama tidak mati ketika mereka seharusnya. Sel-sel ekstra ini dapat membentuk suatu massa dari jaringan yang disebut suatu pertumbuhan atau tumor.
Tumor bisa jinak atau ganas:
Tumor jinak bukan kanker:
  • Tumor jinak jarang mengancam nyawa.
  • Umumnya, tumor jinak dapat diangkat. Mereka biasanya tidak tumbuh kembali.
  • Sel dari tumor jinak tidak menyerang jaringan sekitar mereka.
  • Sel dari tumor jinak tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh.
Tumor ganas adalah kanker:
  • Tumor ganas umumnya lebih serius daripada tumor jinak. Mereka mungkin mengancam nyawa.
  • Tumor-tumor ganas seringkali dapat diangkat. Tapi terkadang mereka tumbuh kembali.
  • Sel-sel dari tumor ganas dapat menyerang dan merusak jaringan di dekatnya dan organ.
  • Sel-sel dari tumor ganas dapat menyebar (bermetastasis) ke bagian lain dari tubuh. Sel-sel kanker menyebar dengan memecah dari tumor (primer) asli dan memasuki aliran darah atau sistem limfatik. Menyerang sel-sel organ lain dan membentuk tumor baru yang merusak organ-organ ini. Penyebaran dari kanker disebut metastasis.
Ketika kanker menyebar prostat, kanker sering ditemukan pada kelenjar getah bening di dekatnya. Jika kanker telah mencapai node ini, juga mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening lainnya, tulang, atau organ lain.

Ketika kanker menyebar dari tempat asalnya ke bagian lain tubuh, tumor baru mempunyai jenis yang sama sel-sel abnormal dan nama yang sama dengan tumor primer. Sebagai contoh, jika kanker prostat menyebar ke tulang, sel-sel kanker di tulang sebenarnya sel-sel kanker prostat. Penyakit ini metastasis kanker prostat, bukan kanker tulang. Untuk alasan itu, diperlakukan sebagai kanker prostat, bukan kanker tulang. Dokter menyebut tumor baru "jauh" atau penyakit metastasis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar