Jumat, 25 Januari 2013

Keselamatan Pendengaran

Kebisingan adalah suara yang tidak dinginkan karena akan menimbulkan efek yang berbeda pada keselamatan pendengaran Anda.
 
Efek psikologis maksudnya adalah  kebisingan yang dapat mengejutkan Anda, mengganggu Anda, dan mengganggu konsentrasi Anda.
 
Kebisingan dapat mengganggu komunikasi Anda ketika Anda berbicara dengan seseorang. Akibatnya, kebisingan ini dapat mengganggu kinerja pekerjaan Anda juga terhadap keselamatan Anda.
 
Efek fisiologis berarti bahwa Anda dapat kehilangan pendengaran Anda. Kebisingan dapat menyebabkan rasa sakit dan bahkan mual ketika paparan sangat parah.
 
Pelindung telinga, pada dasarnya, mengurangi tingkat kebisingan di telinga bagian dalam. Perlindungan  telinga sangat penting ketika paparan kebisingan tidak dapat  dikontrol secara memadai oleh perubahan lingkungan.
 
Pelindung telinga bisa berupa earplug atau ear muffs.
 
Banyak pekerja menolak memakai pelindung pendengaran dibanding dengan alat pelindung diri  jenis lainnya. Salah satu alasan paling umum yang mereka berikan adalah bahwa mereka tidak berpikir mereka benar-benar membutuhkannya. Tapi  gangguan pendengaran terjadi secara bertahap, bahkan dalam paparan yang sangat sering terjadi, Tiba saatnya Anda sadar bahwa Anda sudah tidak dapat mendengar lagi, kerusakan perdengaran sudah tidak dapat dikembalikan.
 
Perlindungan yang baik tergantung pada segel yang baik antara permukaan kulit dan permukaan pelindung telinga. Jika terjadi kebocoran bahkan itu yang sangat kecil, hal ini dapat mempengaruhi keefektifan pelindung telinga. Pelindung telinga  memiliki kecenderungan menjadi longgar akibat dari  berbicara, mengunyah, dll, jadi pelindung telinga tersebut harus diatur ulang setiap saat Anda bekerja.
 
Beberapa ketidaknyamanan awal kadang-kadang dialami saat kita ingin mempaskan seal penutup telinga agar terasa nyaman dipakai.
 
Tidak akan ada efek yang merugikan sebagai akibat dari penggunaan pelindung telinga jika dijaga kebersihannya. Sumbat telinga harus terbuat dari bahan lembut seperti neoprene, sebagai bahan tetap keras dapat melukai kanal. Iritasi kulit, gendang telinga terluka, atau reaksi berbahaya lainnya yang sangat jarang terjadi. Disain pelindung telinga yang  tepat, terpasang dengan baik dan bersih akan tidak akan menyebabkan kesulitan dibanding menggunakan kacamata keselamatan.
 
Penggunaan  perlindungan telinga tidak akan menyulitkan Anda untuk memahami percakapan atau mendengar sinyal peringatan ketika dipakai di  lingkungan yang bising.
 
Sebagian besar pelindung telinga yang tersedia, ketika benar dipasang, memberikan Anda perlindungan yang sama. Pelindung telinga yang terbaik adalah ketika Anda dapat menggunakannya dengan baik.
 
Tiga faktor dapat digunakan untuk menentukan tingkat kebisingan:
 
Jika Anda perlu berbicara dengan suara keras langsung ke telinga agar dapat dimengerti atau dipahami, kemungkinan batas paparan kebisingan sudah terlampaui
  1. Jika  Anda telah mendengar kebisingan dan suara dering di telinga Anda pada  akhir hari kerja, berarti Anda sudah terpapar terlalu banyak.
  2. Jika  pidato atau suara musik meredam pendengaran Anda setelah pulang kerja, tapi suara  tersebut masih ada di pagi hari saat Anda kembali kerja, tidak diragukan lagi bahwa Anda sudah terpapar pada tingkat kebisingan yang cukup tinggi yang dapat mengakibatkan kehilangan pendengaran sebagian dan dapat menjadi permanen.
  3. Jikasalah satu dari kondisi ini terjadi, petugas keselamatan, menggunakan pengukur tingat kebisingan, harus mengukur tingkat kebisingan di daerah kerja. Makan kemudian dapat ditentukan apakah paparan tersebut cukup tinggi sehingga diperlukan pelindung telinga pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar